Jumat, 14 Desember 2012

THE HUNGER GAMES


The Hunger Games merupakan sebuah film yang diadaptasi dari Novel The Hunger Games Trilogy oleh Suzzanne Collins dan termasuk buku best seller diabawah Serial Harry Potter. Novel pertama berjudul The Hunger Games, dimana telah difilmkan pada tahun 2011. Novel ke dua berjudul Catching Fire dimana direncanakan rilis pada tahun depan(22 November 2013). Sedangkan Novel terakhirnya berjudul Mockingjay.

Tema umum dari kisah ini diantaranya tentang kapitalisme dari Capitol, yang mengadakan Turnamen The Hunger Games sebagai salah satu peredam pemberontakan disetiap Distrik. Dimana setiap distrik akan mengirmkan satu pemuda dan pemudi sebagai tumbal.

Presiden Snow mengatakan " Mengapa kita perlu pemenang?mengapa tidak kita kumpulkan setiap pemuda itu kemudian di eksekusi?,jawabannya adalah harapan, dimana harapan dapat mengalahkan ketakutan, terlalu banyak harapan juga berbahaya....jadi berikan sedikit harapan dan kendalikan agar harapan itu tidak besar."

 Kemudian dikenalkanlah tokoh pahlawannya atau protagonis dari distrik 12, Katnis,Peetak,Gale dan
Haymitch. Merekalah yang nantinya akan menjadi peran utama dalam episode selanjutnya di film.


The Hunger Games
The Hunger Games diikuti oleh Katniss Everdeen, seorang gadis berumur 16 tahun dari Distrik 12 relawan untuk Hunger Games ke-74 menggantikan Prim adiknya bersama Peeta Mellark, seorang anak yang telah jatuh cinta secara diam-diam kepada Katniss sejak pertama kali bertemu. Mereka dibimbing oleh satu-satunya pemenang dari Distrik 12 Haymitch Abernathy, yang menang 24 tahun sebelumnya dan menjadi pecandu alkohol. Peeta mengaku cintanya pada Katniss dalam sebuah wawancara televisi sebelum turnamen, membawa Capitol dalam peran Katniss dan Peeta sebagai "star-crossed lovers". Hal ini mengejutkan Katniss, yang telah memiliki perasaan kepada sahabat berburunya, Gale Hawthorne. Haymitch menyarankan Katniss untuk bermain dan berakting cinta dengan Peeta, dalam rangka untuk mendapatkan sponsor kaya sehungga mendapatkan pasokan bantuan selama turnamen. Di arena, Katniss beraliansi dan bersahabat dengan tribute muda dari Distrik 11 (Rue) dan sangat emosi ketika Rue dibunuh. Katniss merencanakan suatu tindakan dadakan untuk Rue sebagai tindakan pembangkangan terhadap Capitol. Lebih dari setengah jalan turnamen, tribute yang tersisa waspada terhadap perubahan aturan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memungkinkan dua orang menjadi pemenang asalkan dari Distrik yang sama. Setelah banya perubahan ini Katniss dan Peeta mulai bekerja sebagai tim dan melindungi nyawa satu sama lain. Ketika semua tribute lainnya mati dan mereka muncul sebagai pemenang, peraturan dibalik pada saat terakhir, dimana satu orang saja yang menjadi pemenang. Katniss dengan sigap mengatur rencana dengan Peeta dengan melakukan bunuh diri bersama agar tidak ada pemenang, tetapi mereka dihentikan oleh dan keduanya membawa pulang kemenangan. Setelah Turnamen, Katniss mulai merasakan persaan yang kuat terhadap dan berjuang untuk menyeimbangkannya dengan persaan yang dia miliki terhadap Gale. Ketika Capitol menjadi kesal dengan pembangkangan, Haymitch meminta Katniss untuk menjaga (dan bahkan berakting) perannya 'star-crossed lovers', tanpa memberitahu Peeta.

----Catching Fire

Cathcing Fire dimulai sembilan bulan setelah hasil dari The Hunger Games, Katniss belajar bahwa pembangkangannya telah menginspirasi terjadinya reaksi berantai pemberontakan di distrik-distrik. Presiden Snow tidak terpedaya oleh tindakan Katniss dan secara diam-diam mengancam untuk menyakiti keluarga dan teman-teman Katniss jika dia tidak membantu untuk meredakan pemberontakan, dengan menikahkannya dengan Peeta. Sementara itu, Peeta telah menyadari ketulusan cinta ​​Katniss, dan juga telah mengetahui tentang ancaman Snow, dan berjanji untuk membantu menjaga aktingnya demi pengampunan terhadap warga Distrik 12. Dengan demikian, mereka tur kesetiap Distrik sebagai pemenang dan merencanakan pernikahan yang megah. Sementara mereka mengikuti perintah Snow dan membuat tipu muslihat, Katniss sengaja menjadi penyemangat pemberontakan, dan pin mockingjay yang dia pakai menjadi simbolnya.Warga disetiap Distrik mulai menggelar pemberontakan melawan Capitol, dan Katniss belajar bertempuran dengan berbagai metode. Snow mengumumkan edisi khusus ke-75  dari Hunger Games, yang dikenal sebagai Quarter Quell, di mana Katniss dan Peeta dipaksa bersaing untuk kedua kalinya dengan para pemenang sebelumnya, hal ini efektif membatalkan pernikahannya. Dengan desakan Haymitch, mereka bekerjasama dengan tribute lainnya (bertindak secara terselubung sebagai pemberontak, tanpa sepengetahuan pasangan) dan merencanakan untuk menghancurkan arena dan melarikan diri, Katniss diselamatkan oleh pasukan pemberontak dari Distrik 13, sedangkan Peeta ditangkap oleh Capitol. Katniss diberitahu bahwa Kabupaten 12 telah dihancurkan.

Tidak ada komentar: