Minggu, 16 Desember 2012

Cara Membuat Kimchi Praktis


Berikut ini adalah resep dan cara membuat kimchi yang disajikan dalam video. Kenapa Kimchi? Sajian ini selain enak juga menyehatkan loh. Kimchi kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga mengandung antioksidan. Beberapa penilitian menunjukan bahwa kimchi bisa menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kanker, serta baik untuk sistem pencernaan dan pertahanan tubuh karena mengandung bakteri Lactobacillus yang menyehatkan.

Kali ini kami buat berdasarkan resep kimchi darurat dari maangchi. Resep ini merupakan resep alternatif  dengan cara membuat yang lebih praktis dan menggunakan bahan baku berupa kol putih. Biasanya kimchi dibuat dari sawi putih (nappa cabage/Chinakohl). Sebagai perbandingan, kami mencoba kedua bahan baku tersebut, kol dan sawi putih.

Bahan-bahan:
1 kg kol atau sawi putih
1 cangkir air
1/4 cangkir garam

Pasta kimchi:
1/3 cangkir  bubuk cabe (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera)
1 sdm gula
1/4 cangkir kecap ikan
1/4 cangkir bawang putih (bisa dikurangi sesuai selera, kami menyarankan  untuk menguranginya menjadi sekitar 6 siung bawang putih saja, rasanya akan terlalu menyengat jika terlalu banyak)
3 batang daun bawang
1-2 wortel diiris korek api

Cara membuat:
Tips: Setelah bahan teraduk rata, simpan kimchi dalam wadah gelas atau plastik. Padatkan dengan menekan kimchi, jangan sampai terlalu banyak ruang udara dalam wadah. Kimchi bisa langsung disimpan di kulkas untuk memperlambat proses fermentasi atau di simpan pada suhu ruang selama 1-2 hari. Kimchi juga bisa dimakan segar, rasanya pedas asin, belum terasa asam.

Ketika masih segar, rasanya enak baik kol maupun sawi. Tetapi setelah di fermentasi beberapa hari kemudian, kol lebih banyak memproduksi gas, rasanya pun lebih kuat dan menyengat ketimbang sawi putih.

sumber : dbento

Tidak ada komentar: